Menggambar seru dan bermanfaat

Senang rasanya melihat Rasya senang menggambar. Dalam sehari ia bisa menghabiskan 4-5 kertas untuk ia gambar. Gambarnya selalu penuh dan bercerita. Setiap selesai menggambar ia menceritakan pada kami apa yang ia gambar.

Kegiatan menggambar sangat bermanfaat untuk anak.

Pertama, menggambar dalam bentuk apapun merupakan ekspresi dan bagian dari proses kreatif dan imajinatif mereka di masa kecil. Dengan menggambar, anak akan belajar mencipta atau berkreasi, menuangkan ide-idenya, serta memvisualisasikan dan merealisasikan imajinasinya dalam sebuah karya.

Kedua, membantu proses perkembangan aspek kognitif, kecerdasan emosional dan kecerdasan motorik mereka. Menggambar dapat membantu meningkatkan konsentrasi anak, melatih daya ingat, kesabaran, ketelitian dan keuletan anak dalam menghasilkan sesuatu. Selain sebagai bentuk ekspresi, menggambar juga dapat membantu menyalurkan bentuk-bentuk emosi yang dirasakan anak melalui gambar. Menggambar juga melatih keterampilan dan kemampuan motorik halus anak. Seperti halnya menulis, menggambar dapat melatih gerak tangan untuk menghasilkan tulisan atau bentuk gambar yang lebih baik.

Ketiga, mengasah bakat anak yang bisa berdampak signifikan terhadap kemampuan dan skil mereka di masa depan. Semua anak mungkin suka menggambar dan bisa menggambar, tetapi anak yang berbakat menggambar bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus. Karena itu, ketika anak mulai mencorat-coret media yang ditemukannya, simpanlah kata “jangan” dan gantilah dengan memberikan media menggambar yang tepat seperti kertas, buku gambar, atau karton. Biarkan mereka berekspresi, serta berikan pula apresiasi atas gambar yang mereka buat atau mereka warnai. Bakat bisa diminati jika terus dilatih, dibiasakan dan dikembangkan dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Keempat, menggambar sebagai sebuah stimulus untuk menumbuhkan minat belajar, sekaligus metode pembelajaran dan pendidikan berbasis kreativitas, dengan syarat anak dibiarkan mengekspresikan pikiran dan perasaannya lewat gambar tanpa selalu diberikan objek tiruan. Gambar yang berantakan khas coretan anak lebih mencerminkan naturalitas dan kreativitas daripada kehalusan bentuknya.

Sebagai orang tua, wajib memberikan apresiasi yang tulus, motivasi dan memfasilitasi, sesederhana apapun bentuknya karena di usia balita, bagian otak yang banyak berkembang adalah bagian otak tengah. Karena itu, mereka harus dibesarkan, dididik dan diasuh dalam suasana penuh kasih sayang, bukan dibelenggu dengan ambisi orang tua dan dijejali dengan pelajaran-pelajaran logika atau eksakta semata. Hindari ucapan, sikap atau perbuatan mengecilkan hasil karya anak, sehingga mereka lebih percaya diri untuk terus belajar menggambar dan mengekspresikan kreativitasnya.

Sumber: http://www.fabrianschool.com/berita-145-manfaat-menggambar-untuk-perkembangan-anak-.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s