Sekolah atau Home Schooling??

“Aku ga mau SD!” Begitu kata rasya setiap orang tanya mau sekolah dimana. Bagaima tidak pusing kami saat mendengar pernyataan itu. Sebelumnya kami pun sudah dibuatnya panik karena Rasya belum bisa membaca dan tidak mau belajar membaca. Padahal dalam hitungan beberapa bulan saja Rasya sudah waktunya melanjutkan ke SD.

Tawaran kami untuk memperpanjang masa TKnya setahun lagi, ditolaknya mentah-mentah. Dia bilang “Aku ga mau SD! Kalo TK lagi ga seru!” Waduhh.. Di saat teman-temannya sudah mulai tes masuk SD, dia justru makin ‘ga mau SD’, “aku di rumah aja ngerjain buku” katanya.

Setelah kami gali, ternyata dia ‘ga mau SD’ karena menurutnya SD pulangnya lama. Yang ia maksud ‘pulangnya lama’ adalah jam pulangnya lebih lambat daripada TK. Anggapan ini muncul kemungkinan karena ia melihat teman-teman maupun kakak-kakak sepupunya pulang sekolah sekitar jam 3 sore.

Selain masalah jam sekolah yang lama, kami pun pernah memberi tau Rasya bahwa ‘kalau SD harus bisa baca’, kemungkinan ini juga yang membuatnya makin ‘ga mau SD’. Sekilas sepertinya usia peralihan dari TK ke SD cukup berat, karena saat di TK, anak belajar dalam suasana bermain, sedangkan saat masuk SD, sudah mulai serius belajar. Banyak SD yang mewajibkan anak kelas 1 lancar membaca, menulis dan berhitung, hingga tempat kursus ‘calistung’ laris dipadati anak-anak TK.

Sungguh kami belum tega me’les’kan anak kami calistung, karena dunia anak adalah bermain. Bahkan ada yang berpendapat untuk tidak memaksakan anak TK belajar calistung. Akan ada waktunya nanti ia akan mau dan bisa calistung tanpa harus dipaksa.

Kembali ke masalah ‘aku ga mau SD’, tiba-tiba terlintas dibenak kami tentang Home Schooling.

Sepengetahuan kami, Home Schooling adalah sekolah yang belajar di rumah. Dengan keterbatasan pengetahuan inilah kami mulai mencari tahu segala hal tentang home schooling. Informasi ini banyak ditemukan di Rumahinspirasi.com yang kemudian membawa kami untuk mengikuti webinar atau seminar online tentang Home Schooling. Seminar ini memungkinan kami untuk berinteraksi dengan pemateri maupun peserta webinar lainnya, layaknya seminar biasa.

Dari seminar tersebut, kami ketahui bahwa anak yang sekolah biasa maupun Home Schooling sama-sama belajar dan mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bedanya belajarnya dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, kepada siapa saja dan sesuai dengan keinginan anak. Di sini orang tua berperan penting dalam keberhasilan proses belajar, karena seluruh jabatan yang ada di sekolah di pegang orang tua. Tidak berarti orang tua harus super jenius bisa mengajarkan semua mata pelajaran, anak bisa juga belajar kepada orang lain yang memang ahli di bidangnya.

Mengenai materi yang diajarkan, orang tua harus kreatif mencari dan menyusunnya agar penyampaian ke anak bisa menarik. Dalam hal ini, menurut seminar tersebut, yang benar-benar home schooling adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan anak, disediakan dan di’manage’ oleh orang tua. Tetapi belakangan ini mulai bermunculan sekolah-sekolah yang menamai diri mereka home schooling. Ini sebenarnya agak rancu, karena home schooling sendiri tidak berlembaga, sedangkan sekolah berlembaga. Jadi sekolah-sekolah ini lebih tepat dinamai flexi school karena cara belajarnya bisa fleksibel sesuai keinginan anak. Selain itu juga, materi pembelajaran sudah disediakan. Jadi sebenarnya flexi school ini sepertinya memang dibuat untuk keluarga-keluarga yang ingin home schooling tetapi tidak ingin pusing dengan pengaturan serta penyediaan materi belajar.

Sepertinya jenis sekolah seperti ini lah yang sekilas cocok dengan keinginan Rasya.
Pilihan sudah ada tinggal kemantapan hati untuk memilih yang mana..
Semoga apapun yang kami pilih nanti adalah yang terbaik untuk anak kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s